BUMN Dihimbau Agar Lebih Memerhatikan Penyandang Disabilitas

Banyak masyarakat yang mempertanyakan kredibilitas dari Undang-Undang Negara yang menyatakan bahwa penyandang disabilitas mendapatkan jaminan Negara, diantaranya adalah hidup dan pekerjaan yang layak. Sebab pada dasarnya, di dalam praktik kehidupan, masih banyak sekali perusahaan yang mengabaikan keberadaan bahkan hak-hak penyandang disabilitas kompasiana. Fakta di lapangan menyatakan, mina perusahaan terhadap pekerja penyandang disabilitas masih rendah, ini terbukti dengan daya serap pada perusahaan swasta yang bahkan kebanyakan dari mereka kurang dari 1 persen. Kenyataannya ini menjadi awal perjalanan menyedihkan dari apa yang ingin dicapai oleh Pemerintah, oleh sebab itu saat ini Pemerintah menghimbau agar perusahaan baik itu swasta maupun BUMN agar lebih memerhatikan pekerja dengan penyandang disabilitas.

Bahkan Pemerintah berencana untuk melakukan audit terhadap tenaga kerja di perusahaan swasta, BUMN dan BUMD dengan alasan untuk mengetahui implementasi kewajiban bagi para perusahaan negara kepada pekerja penyandang disabilitas, kewajiban ini menjadi bagian dari mekanisme pengaduan yang diberlakukan terhadap penyandang disabilitas yang tidak terpenuhi haknya. Bahkan mekanisme ini juga menyediakan jadwal kerja yang dilengkapi dengan alokasi waktu kerja bagi penyandang disabilitas, Mekanisme ini nantinya akan dijadikan tempat atau wadah bagi para pekerja penyandang disabilitas untuk menguragi target dalam pekerjaan dan juga dapat mengatur upah yang diterima oleh penyandang disabilitas yang bekerja. Pemerintah bahkan meminta agar kepada pendiri lapangan kerja dari berbagai macam sector, paling tidak memiliki perekrutan pekerja seperti CPNS yang dilakukan oleh Pemerintah.

Dengan tujuan agar perekrutan lebih transparan dan juga membuka kesempatan kerja dengan pembukaan formasi terbuka yang didukung oleh publikasi yang maksimal sehingga ini akan memudahkan para penyandang disabilitas untuk mendapatkan akses informasi serta lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Akses informasi ini sangatlah penting bagi para pekerja, karena dengan informasi ini maka para pekerja penyandang disabitas dapat memperbaiki kualitas hidup mereka dengan baik sehingga Negara yang menjadi tempat mereka tinggal sudah selayaknya mendukung serta memberikan kebijakan yang ramah terhadap kaum penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *